Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) Dalam Akuntansi Pajak

Pengenaan pajak penghasilan dihebankan terhadap semua Wajib Pajak orang pribadi atau Wajib Pajak badan. Untuk menghitung Penghasilan Kena Pajak orang pribadi dalam negeri, maka penghasilan netonya dikurangi terlebih dahulu dengan penghasilan tidak kena pajak (PTKP) sebagai berikut:

1. Untuk diri Wajib Pajak orang pribadi sebesar Rp 13.200.000,00 (tiga belas juta dua ratus ribu rupiah).
2. Tambahan untuk Wajib Pajak yang kawin sebesar Rp 1.200.000,00 (satu juta dua ratus ribu rupiah).
3. Tambahan untuk seorang istri yang penghasilannya digabungkan dengan penghasilan suami (perhatikan Pasal 8 Undang-Undang Pajak Penghasilan) sebesar Rp 13.200.000,00 (tiga betas juta dua ratus ribu rupiah).
4. Tambahan untuk setiap anggota keluarga sedarah dan keluarga semenda dalam garis keturunan garis lurus serta anak angkat yang menjadi tanggungan sepenuhnya paling banyak 3 (tiga) orang untuk setiap keluarga, sebesar Rp 1.200.000,00 (satu juta dua ratus ribu rupiah).

Anggota keluarga sedarah dan semenda dalam garis keturunan lurus yang menjadi tanggungan sepenuhnya, sebagai contoh, orang tua, mertua, anak kandung, anak angkat. Tanggungan sepenuhnya diartikan menjadi baban sepenuhnya Wajib Pajak sebagai akibat tidak mempunyai penghasilan dan seluruh biaya hidup ditanggung.

Penghasilan atau kerugian bagi wanita yang telah kawin pada awal tahun pajak atau awal bagian tahun pajak, termasuk kerugian yang berasal dari tahun-tahun sebelumnya yang belum dikompensasi dianggap sebagai penghasilan atau kerugian suaminya. Oleh karena sistem pengenaan Pajak Penghasilan, menempatkan keluarga sebagai satu kesatuan ekonomis.

Komentar :

Menurut pengetahuan yang saya terima dari buku maupun dari dosen yang membimbing mata kuliah perpajakan, untuk WP orang pribadi itu sebesar 15.840.000, untuk status kawin sebesar 1.320.000, dan untuk tanggungan memang benar maksimal adalah 3 orang yaitu sebesar 1.320.000 juga sama seperti status kawin. Saya setuju untuk syarat menjadi tanggung WP orang pribadi adalah Anggota keluarga dalam satu garis keturunan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s